Sabtu, 02 Februari 2013

FADILAH BERZIKIR


Berzikir adalah mengingat dan menyebut Nama Allah SWT serta mengucapkan kaliat pujian kepada Allah SWT secara berulang-ulang. Tujuan berzikir adalah agar hati menjadi dekat kepada Allah SWT dan tetap kuat dalam keimanan. Berzikir dilakukan setiap saat sekalipun hanya sedikit, diutamakan sebanyak-bayaknya dan terus-menerus. Allah SWT memerintahkan berzikir, antara lain:
1.      “Ingatlah (bezikirlah) kau kepada_Ku,
niscaya Aku ingat (pula) kepadamu.”
2.      “Berzikirlah kepada Allah dengan zikir yang sebyak-banyaknya.”

Rasulullah saw mengemukakan beberapa fadilah berzikir, di antaranya:
1.      “Allah SWT telah berfirman, “Aku menurut dugaan Hamba_Ku terhadap_Ku. Aku bersama hamba apabila ia mengingat Aku. Jika ia mengingat Aku pada dirinya, niscaya Aku mengingatkannya pula pada Diri_Ku. Jika ia mengingat Aku dalam satu kelompok, niscaya Aku mengingatnya pada kelompok yang lebih baik daripada kelompok mereka. Jika ia mendekatkan diri kepada_Ku satu jengkal, maka Aku akan Mendekatinya satu hasta. Jika ia endekatkan diri kepada_Ku satu hasta, maka Aku akan Mendekatinya satu depa. Jika ia datang kepada_Ku dengan berjalan, maka Aku datang kepadanya dengan berlali.”
2.      “Orang yang berzikir mendapatkan Rahmat dan Ampunan Allah SWT.”
3.      “Allah SWT menyebut nama orang yang berzikir kepada para malikat yang berada di Sisi_Nya.”
4.      “Orang yang berzikir  mendapatkan Perlindungan Allah SWT pada hari kiamat.”
5.      “Berzikir kepada Allah SWT lebih utama daripada berjihad fisabilillah dan memberikan harta yang banyak terus-menerus.”
6.      “Orang yang berzikir mendapatkan Ketenangan hidup.”
“Orang yang berzikir diibaratkan orang yang hidup dengan rohaninya, dan orang yang tidak berzikir diumpamakan orang yang mati.” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar