Jumat, 09 November 2012

SURAH YA SIN



SURAH YA SIN           

Surah Ya Sin adalah surah ke-36 dalam al-Quran yang terdiri atas 83 ayat. Surah ini termasuk surah Makkiyyah. Pokok-pokok surah Ya Sin meliputi akidah umat sebelum Nabi Muhammad saw., perjuangan rasul-rasul Allah SWT. dalam menyampaikan risalah kenabian, Keagungan Allah SWT.,dan keanekaragaman perilaku manusia.

Surah Ya Sin dimulai dengan Sumpah Allah SWT. yang menegaskan bahwa
Nabi Muhammad saw. adalah Utusan Allah SWT. untuk memperingatkan semua manusia yang belum diperingatkan pada masa sebelumnya.

Menurut Ibnu ‘Abbas r.a. dan riwayat lain, kalimat Ya Sin merupakan salah satu dari :
Sumpah Allah SWT., Nama Allah SWT., nama al-Quran, atau nama Nabi Muhammad saw..

Banyak ulama menganjurkan untuk terus-menerus membaca surah Ya Sin, terutama pada malam Jumat. Nabi Muhammad saw. Bersabda mengenai keutamaan surah Ya Sin :
1.      “Hati al-Quran adalah surah Ya Sin. Allah SWT. Mencatatkan Pahala bagi pembacanya sebanding dengan membaca al-Quran sepuluh kali.”
2.      “Barang siapa membaca surah Ya Sin pada malam Jumat, maka Allah SWT. Memberikan Keimanan yang kukuh.”
3.      “Barang siapa membaca surah Ya Sin pada suatu malam karena mengharapkan Rida Allah SWT., maka Allah SWT. Mengampuni dosa-dosanya yang lampau dan keesokan harinya.”
4.      “Barang siapa membaca surah Ya Sin, maka Allah SWT. Menolakkan segala keburukan dan Memenuhi segala kebutuhannya.”
5.       “Barang siapa membaca surah Ya Sin di depan orang yang sedang menghadapi sakratulmaut, maka Allah SWT. Meringankan dan Memudahkan keluarnya roh.”
“Barang siapa yang berziarah ke kuburan, lalu membaca surah Ya Sin, maka Allah SWT. Meringankan Siksa seluruh ahli kubur pada waktu itu, Selanjutnya, pembaca surah Ya Sin memperoleh pahala yang sama besar dengan jumlah pahala ahli kubur yang ada."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar